Senin, 06 Mei 2019

Tema 1 Kelas 3 Subtema 2 Pembelajaran 2 dan 3



PEMBELAJARAN 2
Ayo mengamati

Apakah kamu masih ingat dengan tugas mewawancara orang tua pada pertemuan sebelumnya ?
Gunakan informasi yang sudah kamu peroleh untuk menulis cerita tentang perkembangan dirimu.




……………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………………..

Bagaimana perasaanmu setelah mendengar informasi tentang perkembanganmu ?
Apakah kamu juga mendapat informasi kapan kamu mulai bisa merangkak dan berjalan ?



AYO MENCOBA
 

Ayo berlomba adu kecepatan berjalan merangkak dan berlari dengan teman-temanmu!



Ikuti Langkah-langkah kegiatan seperti berikut!
1.   Buatlah garis lintasan dan beri tulisan garis start dan finish terlebih dahulu.
2.   Berbarislah di depan garis start.bersiaplah berjalan merangkak mulai garis start.
3.   Setelah diberi aba-aba oleh gurumu, merangkaklah dari garis start sampai garis finish. Setelah sampai garis finish, kembalilah ke garis start dengan cara berlari.
4.   Siswa yang paling cepat sampai di garis start adalah pemenangnya.
Selain tinggi dan berat badan, setiap orang juga memiliki kekuatan yang berbeda. Kekuatan juga dipengaruhi oleh beberapa faktor, misalnya perbedaan pertumbuhan tulang dan otot. Semua perbedaan merupakan anugerah Tuhan, kita wajib mensyukurinya.
AYO MENGAMATI
 
Menghargai Perbedaan
Perubahan tinggi dan berat badan manusia berbeda-beda. Kekuatan manusia juga berbeda-beda. Perubahan tinggi dan berat badan serta kekuatan adalah contoh pertumbuhan, dan perkembangan manusia.
Pertumbuhan dan perkembangan manusia dipengaruhi oleh makanan, kebiasaan olahraga, dan faktor yang diturunkan oleh orang tua.
Tuhan menciptakan berbagai macam makhluk hidup berbeda-beda. Perbedaan ini adalah karunia Tuhan. Kita harus saling menghargai dan menghormati perbedaan.

Tuliskan sikap yang akan kamu lakukan jika melihat beberapa hal seperti berikut!

Kamu melihat teman yang kesulitan mengambil benda di atas tempat yang tinggi.
Sikap yang akan kamu lakukan adalah  …..



Kamu melihat temanmu yang kesulitan membawa barang bawaan. Sikap yang akan kamu lakukan adalah ………









Kamu melihat temanmu yang kesulitan mengikuti gerakan tari. Sikap yang akan kamu lakukan adalah ……….
AYO BERLATIH
 


Ceritakan pendapatmu mengenai gambar tersebut di depan teman-temanmu !
Sikap saling menghormati antar sesame termasuk pengamalan sila kedua Pancasila.

Kemanusiaan yang adil dan beradab.
Sila kedua berbunyi Kemanusiaan yang Adil dan Beradab. Symbol sila kedua Pancasila adalah rantai.
Lambang ini menunjukkan bahwa bangsa Indonesia sangat menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan. Saling menghormati, saling menyanyangi dan juga memperlakukan manusia lainnya dengan baik.

Kegiatan Bersama Orang Tua
Orang tua mengajak berdiskusi untuk mengamati dan membandingkan perssamaan ciri yang dimiliki.

PEMBELAJARAN 3
Masih ingatkah kamu dengan gerakan kuat dan lemah tangan pada gerakan tari yang sudah dipelajari pada pertemuan sebelumnya?

Cobalah mempraktikkan gerakan tersebut sambil bernyanyi lagu Tepuk Tangan.
Tepuk Tangan
Tangan kanan tangan kiri mempunyai jari
Direntangkan dibengkokkan, putar pergelangan
Acung depan dilentikkan, ayo tepuk tangan 









Bagaimana persaanmu saat menari?
Dapatkah kamu mengikuti semua gerakan sesuai contoh yang diberikan?
Berlatihlah dengan tekun agar kamu dapat menari dengan baik.

AYO BERLATIH
 


Dapatkah kamu membuat contoh gerakan tangan yang kuat dan lemah pada sebuah tarian?
Bekerjalah secara berkelompok. Lalu, diskusikan mengenai gerakan yang akan kamu ciptakan. Gerakan yang kamu ciptakan dapat menirukan gerak benda yang ada di sekitar.
Tampilkan hasil lreasi kelompokmu di depan kelompok lainnya.
Untuk dapat menari dengan baik, kamu perlu banyak berlatih. Menjaga pola makan juga penting agar badan tetap sehat. Dengan badan yang sehat kamu dapat melakukan gerakan tari dengan baik.

AYO MENGAMATI
 




Makanan Penting untuk Kesehatan

Makanan sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan manusia. Makanan yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan adalah makanan yang menyehatkan dan bergizi.
Berikut makanan yang menyehatkan dan bergizi.
a.   Makanan pokok, misalnya nasi, kentang, jagung, roti, ubi, dan sagu.
b.   Lauk – pauk, misalnya daging, ikan, tahu, tempe, telur dan cumi.
c.   Sayur-sayuran, misalnya kangkung, bayam, wortel, dan buncis.
d.   Buah- buahan, misalnya jeruk, apel, anggur, pisang, dan jambu.
e.   Susu, misalnya susu sapi, dan susu kambing.
makanan-makanan tersebut mengandung gizi seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral dan air. Karbohidrat terdapat pada makanan pokok. Protein terdiri atas dua jenis, yaitu protein hewani dan protein nabati. Protein hewani adalah protein yang berasal dari hewaqn, misalkan ikan, daging, susu, keju, dan telur. Protein nabati adalah protein yang berasal dari tumbuhan , misalnya temped an tahu.
Vitamin banyak terdapat pada sayur-sayuran dan buah – buahan. Mineral banyak terdapat pada ikan, sayur, dan susu.
Jagalah makanan yang kita makan agar selalu bersih dan menyehatkan. Makanan yang bersih, meyehatkan, dan bergizi akan membantu pertumbuhan dan perkembangan manusia dengan baik.

AYO MENULIS

Amati gambar makanan berikut ini.
Beri tanda (V) pada makanan yang sebaiknya dimakan setiap hari!
Beri tanda (X) pada makanan yang sebaiknya dimakan sesekali saja atau bahkan dihindari!
Tuliskan pula alasan pada tempat yang tersedia!

........................................................................
........................................................................


.......................................................................
.......................................................................






 
  

.........................................................................
.........................................................................






........................................................................
........................................................................







.......................................................................
.......................................................................





.......................................................................
.......................................................................







Buah- buahan dapat kita temui dengan mudah di pasar atau penjual buah di sekitar kita.
Banyak petani melakukan perkembangbiakan buatan untuk buah-buah. Hal tersebut dilakukan agar dapat menghasilkan buah yang banyak dalam waktu singkat.
Melalui kegiatan perkembangbiakan buatan, petani bisa menghasilkan ribuan buah dalam masa panen.
Melalui kegiatan pencangkokan, sebuah perkebunan dapat mengahasilkan 3.400 buah dalam sekali panen,

AYO BERLATIH
 
Bayangkan jika suatu perkebunan dapat menghasilkan 3.400 buah dalam satu kali panen.
Berapa jumlah buah yang akan dihasilkan dalam dua kali panen?
Jawabannya:
3.400 + 3.400 = 6.800

Masih ingatkah kamu cara menghitung hasil penjumlahan?

Gunakan cara untuk penjumlahan yang kamu anggap paling mudah.
Selesaikan soal di bawah ini dengan benar!

a.   Pada musim panen dihasilkan 2 keranjang buah jambu. Keranjang pertama berisi 1.750 buah jambu. Keranjang kedua berisi 1.850 buah jambu. Berapa jumlah buah jambu dalam dua keranjang tersebut?
Jawaban: ...


b.   Pak Komar ingin menjual buah semangka hasil panen dari perkebunannya. Kebun Pak Komar menghasilkan 2 truk semangka. Truk pertama memuat 1.200 buah semangka. Truk kedua memuat 1.800 buah semangka. Berapa jumlah buah semangka hasil panen pak Komar?
Jawaban: ...




Kegiatan Bersama Orang Tua

Orang tua memperkenalkan berbagai makanan meyehatkan dan bergizi yang ada di rumah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar